Keistimewaan Pura Segara Cilincing-Jakarta Utara

Keistimewaan Pura Segara Cilincing-Jakarta Utara



Oleh :
Untung Suhardi, S.Pd.H

Pura Segara Cilincing merupakan pura yang sangat penting bagi umat Hindu yang khususnya berada di daerah Jakarta dan sekitarnya, hal itu terlihat dari fungsinya yang sangat vital bagi kepentingan umat dalam melaksanakan upacara. Hal itu dikarenakan pura segara berada di dekat laut (dipinggir laut), dimana laut merupakan sumber dari amerta atau sumber kehidupan. Pura segara merupakan satu-satunya yang berada di Jabodetabek yang berada di dekat laut (pinggir pantai) tepatnya di Kecamatan Cilincing Jakarta Utara yang dianggap ujung dari desa.
Dilihat dari segi tanahnya, pura ini tidak menjadi hak milik umat Hindu melainkan milik dari Aggy Tjetje yang memberikan kewenangan kepada umat untuk mempergunakan lahan tersebut guna peribadatan.
Terdapat beberapa keunikan yang ada di pura segara yang mungkin dianggap berbeda dari hal-hal yang terdapat di pura lain. Antara lain sebagai berikut:
Pelinggih yang berada di madya mandala yang bernama pelinggih Naga Raja Baruna Dewam, mempunyai fungsi sebagai penjaga atau security (dalam istilah asing atau analoginya). Pelinggih ini bertugas untuk menjaga keamanan dari arah laut. Pelinggih ini ditempati oleh 3 naga yang masing-masing berwarna merah, putih dan hijau.
Gedong yang menjadi tempat pemujaan dan pelinggihan bagi manifestasi dari Ida Sang Hyang Widhi dalam wujud Dewa Baruna atau penguasa laut. Menjadi unik karena tidak semua pura mempunyai pelinggihan Gedong. Selain itu pada saat pujawali, wastra yang digunakan untuk gedong ini tidak sama dengan wastra yang digunakan pada bangunan gedong pada umumnya. Kalau bangunan gedong padsa umumnya biasanya menggunakan wastra putih kuning, berbeda dengan gedong yang ada di Pura Segara Cilincing dimana wastra yang digunakan adalah kaitnya berwarna putih tetapi saputnya berwarna hijau. 

Selengkapnya silahkan bacaKlik Document.pdf.





3 comments:

  1. Artikel tentang Tempat Suci Agama Hindu yang ada di luar pulau Bali, sangat bermanfaat bagi kehidupan umat terutama dalam hal meningkatkan Spiritualnya, terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  2. ok sama-sama bli.. lanjutkan menulis karena ini bagian dari dharma...

    ReplyDelete
  3. OSA . pak untung makasih pak, membantu sekali buat jawaban uts nanti hehehe sangat membuka wawasan

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top