Kearifan Lokal dan Budaya Cirebon

Kearifan Lokal dan Budaya Cirebon




Indonesia merupakan Negara multikultural yang terdiri dari berbagai macam ras, suku, agama, bahasa, dan etnis. Dalam keberagaman tersebut terdapat sebuah identitas Nasional yang menjadi kebanggaan Negara Indonesia. Keberagaman tersebut merupakan bukti kekayaan bangsa Indonesia yang menghasilkan kebudayaan Nasional. Kebudayaan Nasional itu sendiri terdiri dari kebudayaan-kebudayaan Lokal yang dihasilkan di berbagai daerah di Indonesia.
Salah satu bentuk kebudayaan Nasional adalah sistem ritual upacara keagamaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Upacara Panjang Jimat di Keraton Kasepuhan Cirebon merupakan salah satu bentuk kebudayaan lokal yang ikut memperkaya kebudayaan Nasional Indonesia. Upacara Panjang Jimat sudah dilaksanakan sejak Keraton Kasepuhan didirikan dan terus berlangsung sampai sekarang.
Pelaksanaan Upacara ini memang terus berlangsung sampai sekarang, namun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi nilai-nilai lama dalam upacara tersebut yang semula menjadi acuan masyarakat menjadi goyah akibat masuknya nilai-nilai baru dari luar. Upacara tradisional sebagai nilai-nilai lama masyarakat pendukungnya lambat laun akan terkikis oleh pengaruh modern dan nilai-nilai baru tersebut. Dengan kata lain mungkin upacara tradisional mengalami perubahan atau pergeseran akibat pengaruh modern tersebut (Ani Rostiyati dkk, 1995: 2).
Untuk mengkaji permasalahan tersebut sangat pening diadakan penelitian tentang perubahan atau pergeseran upacara tradisional yang terjadi masa sekarang. Sebelum kita mengkaji lebih dalam penyebab permasalahan tersebut, maka kita harus melihat seberapa jauh perubahan itu terjadi dengan menggunakan kajian historis. Setelah itu maka kita bisa mencari akar penyebab terjadinya perubahan tersebut dan menemukan kesimpulan akhir apakah benar perubahan tersebut menuju ke arah positif atau ke arah negatif dan kita bisa menemukan jalan keluar permasalahan tersebut.

Selengkapnya kunjungi : 
http://www.ziddu.com/download/21835607/Panjangjimatsebagaientitaslokalkeratoncirebon.pdf.html 



No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top