Keistimewaan Pura Agung Taman Sari Halim Perdana Kusuma-Jakarta

Keistimewaan Pura Agung Taman Sari Halim Perdana Kusuma-Jakarta

oleh :
Untung Suhardi, S.Pd.H

Tentang Pura Agung Taman Sari Halim Perdana Kusuma karena menurut kelompok kami pura ini mempunyai keunikan atau ciri khas yang membedakan dengan pura-pura lain di DKI Jakarta, antara lain adalah adanya pelinggih Pura Dalem Ped yang ada di jaba pura. Pelinggih yang ada di bawah pohon juwet yang lokasinya di nista mandala di dekat Griye Pedande gde Pasuruhan Sidemahan yang sering difungsikan oleh umat untuk sembahyang dan memohon sesuatu dan yang berada didepan Pura sebelah kiri atau didekat parkiran depan sebelum Candi bentar. Sedangkan kebiasaan umum yang dilakukan oleh umat kebanyakan adalah bersembahyang ke Padmasana sebagai stana Hyang Widhi Wasa. Penjaga Kori Agung berupa patung Pandawa, yaitu pada sebelah kanan dijaga oleh Arjuna dan Bima dan pada sebelah kiri dijaga oleh Nakula dan Sadewa. Namun  pada umumnya pada pura lainnya dijaga oleh raksasa.
Pura Agung Taman Sari Halim Perdana Kusuma terletak diatas tanah dengan luas keseluruhan 1,5 Ha dan areal pura  ± 7000 M². Dan Status tanah ini merupakan milik TNI-AU yang beralamat di Jl. Dwikora Raya Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.
Letak Pura ini dibatasi oleh areal persawahan, kebun dan  tambak ikan yang menambah kesejukan dan ketenangan pikiran. Adapun batas-batas wilayah ini adalah sebagai berikut :
Sebelah Barat       : areal persawahan dan tambak ikan
Sebelah timur       : areal sawah, kebun dan pangkalan Korp PASKHAS 461
Sebelah selatan    : areal Skadron pendidikan 502 dan 504 dan areal kebun
Sebelah utara       : areal persawahan dan jalan tol Cikampek.







1 comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top